Wednesday, July 6, 2011

Ketika Plagiat (Copas) Menjadi Hal yang Biasa

Tadi malam, saya mencoba menyelesaikan koreksian tugas mahasiswa yang mulai menumpuk. Bukan hal yang mudah, membaca sekaligus mengoreksi menjadi salah satu tugas yang terberat karena sering kali beberapa mahasiswa hanya menulis untuk menyelesaikan tugasnya. Sehingga, sering kali logika kalimat berantakan atau terjadi salah ketik. Untuk dua masalah tersebut, saya sangat memaklumi. Toh saya juga masih sering melakukan dua kesalahan itu. Namun, tidak plagiat! Copy-paste pemikiran orang dan memindahkannya tanpa menyertakan darimana ide tersebut berasal.  

Ada beberapa (menurut saya) yang membuat mahasiswa “asik” meng-copy paste:
  1. Terdesak alias kepepet, deadline, dllnya. Ini penyakit mahasiswa, tugas dikerjakan dengan system kebut semalam (SKS), jadi jangankan maksimal, selesai saja sudah syukur, hehehehe.
  1. Mudahnya akses meng-Copas. Internet menjadi media yang dengan mudahnya membuat kita terhubung dan mendapat informasi dari siapaun, dimanapun, dan kapanpun.Waktu awal membuat blog, terus terang saya ragu apa saya akan mempublish tugas (tulisan) semasa saya kuliah. Sangat rawan di copy paste! Akhirnya saya memilih, mana yang bisa dipublish dan mana yang harus saya simpan sendiri.
  1. Malas berpikir. Saya rasa, inilah alasan yang tidak diakui (tidak disadari) oleh mahasiswa. Malas berpikir ini bisa karena tidak menyukai mata kuliah yang dipelajari atau tidak menyukai dosennya, hehehe.
  1. Kurang bahan tulisan. Hal ini terjadi karena kurangnya tradisi membaca dan memiliki buku (atau setidaknya berusaha meminjam buku di perpustakaan).
  1. Dosen jarang membaca tugas mahasiswanya. Ada tipe dosen sibuk yang asik dengan banyak mengajar tapi lupa mengkritisi tugas mahasiswanya. Sehingga, mereka yang asik memplagiat bisa santai (tidak ketauan)
Saya tau kok, tidak ada yang benar-benar asli. Bahkan para ahli pun perlu membaca, mempelajari, dan mengutip terlebih dulu sebelumnya akhirnya menghasilkan teori baru. Jadi, permintaan saya simple saja, tolong sebutkan asal sumber tulisan Anda. Itu saja, mudah bukan?

Gambar diambil dari http://emokei28122892.tumblr.com/
NB: Buat kalian yang merasa mengcopy-paste mulai dari makalah, UTS, sampai UAS saya tunggu pengakuannya. Kita bisa berbincang dan mencari tahu di mana kesulitannya :)

3 comments:

  1. udah jd mental vie. susah diberantasnya. tp, skali lg, soal copas (COffe PAke Susu), iya deh ngaku. itu aku yg mesen :)

    ReplyDelete
  2. @Mas Hilmi: hehehe itu mah CoSus :p iya,pastinya bukan pekerjaan mudah Mas, tapi ga bosen untuk mencoba (maklum masih baru) hahahaha

    ReplyDelete
  3. Mungkin materi catatan kaki (footnote) perlu dimantapkan kembali, bu dosen. :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...