Thursday, May 2, 2013

Menyiapkan "Dongeng untuk Binar"

Sebenarnya, sudah lama saya ingin menulis tentang "Dongeng untuk Binar", tulisan yang akan menambah "label" baru di "Ruang Kata Kata" . Tulisan yang berisi segala tentang "Binar", gadis kecil kami yang hadir di hari kedelapanbelas, bulan pertama di tahun yang katanya "Ular Air". Tulisan yang bisa ia nikmati pada saat mulai membaca nanti, hinga ia dapat "mempelajari" sejarah hidupnya sendiri :)

Kami memberinya nama Binar Harsa Semesta. Binar berarti sinar, Harsa merupakan gabungan nama kami Haryanti Santosa dan juga dalam bahasa sansekerta berarti kebahagiaan, semesta merupakan seluruh alam. Harapannya tentu saja, agar Binar selalu bersinar, menjadi anak berbahagia dan membahagiakan orang-orang disekitarnya. 



Bukan perkara mudah, hingga saya dan suami akhirnya memutuskan untuk memakai nama yang kata orang terdengar "maskulin". Terlebih lagi, tiba-tiba papanya bertanya "bagaimana jika yang memanggil Binar nanti cadel atau anaknya cadel?" Mendengar pertanyaan itu saya malah cekikikan, suami saya itu kadang-kadang memikirkan apa yang tidak terpikirkan. Contoh lainnya, pada saat ingin membeli rumah salah satu pertimbangannya selain tidak banjir ialah "mobil pemadam kebakaran masuk nggak?" :)

Terus terang, saya pun sempat goyah mempertahankan nama Binar karena di awal kehadirannya di semesta, Binar membutuhkan banyak sinar. Kuning saat baru lahir (neonatal jaundice) bilirubinnya tinggi (hiperbilirubin), hingga dia membutuhkan 3 lampu untuk menyinarinya, belum lagi setiap 6 jam Binar harus diambil darahnya karena selain hiperbilirubin, kadar CRP-nya tinggi. Mudahnya, kuning dan infeksi, ditambah defisit g6pd hiks. 
 
Binar usia 2 hari



Akh, mengapa pula saya harus memberinya nama Binar yang berarti sinar?  Pikir saya di tengah kegelisahan. Untunglah, saya memiliki suami yang sedikit bicara banyak bekerja. Suami yang saya rasa tidak pernah membaca buku tentang feminisme tapi memahami bahwa pekerjaan rumah dan anak ialah tanggung jawab bersama. Katanya, "semua pasti berlalu" dan kami memang melewatinya.  Maturnuwun Gusti Allah....

Hari ini, Binar sudah 3 bulan 2 minggu. Diusia 3bulan 3 hari, dia mulai menunjukkan keahliannya miring kiri. Dua hari berselang, sudah pintar ia tertawa bersuara dan satu minggu setelahnya mulailah ia miring ke sisi kanan. Akh, begitu menggemaskannya :)

Binar... di awal kamu telah menyerap banyak sinar. Untuk seterusnya tumbuhlah dengan sehat Nak, pintar, menjadi anak soleha, cantik lahir dan batin, serta berbahagialah selalu.... 

Mulai hari ini, Mama akan mendongengkan untukmu. Dongeng tentang hidup dan kehidupan, siap mendengar kan Nak? :)

Binar dan Papa, 18 Januari 22:30 wib
Binar 2m2w


2 comments:

  1. aihh nama saya juga esensinya kebahagiaan Bu ^_^
    *toss sama Binar*

    salam buat dede Binar ya, Bu.

    ReplyDelete
  2. Naila: *Tos juga* hehehe jadi namamu ceritanya gimana?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...